Posted by Jussmelon in Modifikasi roda dua.
Tags: 125cc, Bengkel Drag, Drag Race, Honda Karisma, Mesin Bore-up, Penggebrak Kelas 125cc
trackback
Abdul Syukur alias Kelling tak cuma kesohor di arena
balap lurus resmi. Di ajang balap malam non resmi pun mekanik bengkel
rumahan di Jl. Masjid Al-Goufur, Kiragil Baru, Tangerang Selatan, Banten
cukup disegani. Semula, Karisma milik Saipul warga Serpong-Banten ini
cukup terkenal di trek lurus malam hari. Wajar kalau sekarang kayak
artis digosipin mulu di kalangan balap.
“Padahal baru jadi. Ubahan dibikin eksklusif buat turun balap,” kata
pemilik motor biasa disapa Acoy. Karisma ini juga dipersiapkan untuk
balap lurus resmi sebagai media promosi bengkel Acoy yaitu Rara Motor
(RM). Untuk memenuhinya, Acoy menggelandang ke tempat Kelling.
Sekarang pakai piston Honda Tiger oversize 150 diameter 65 mm dengan
setang piston Legenda. Meski lebih pendek 2 mm, ubahan dibuat untuk
kejar paking tipis. Stroke dibikin 6 mm dengan total 63,9 mm. Tangan
Kelling pun memapas bibir silinder head 1,2 mm dengan lebar dan sudut
squish ikuti diameter piston.
Biar
buka-tutup tetap rapat, pria berjeng-got ini memilih klep EE-5. “Kalau
buat Honda, klep jangan terlalu besar. Mesti dikecilkan jadi 32/27,5,”
tambahnya.
Kem tetap pakai asli. Hanya dimodifikasi. Angkatan klep buang dibikin
9,1 mm dan katup masuk diracik jadi 9,4 mm. Agar tidak kehilangan power
saat pindah gigi, rasio girboks dihitung ulang.
Dipilih gigi 4 punya perbandingan overdrive. “Perbandingan gigi asli
24/26 mata diganti 25/25 biar putaran atas enteng,” ucap Ayah dua anak
itu. Siap dibuktikan. (motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Commet 50/100-17
Ban belakang: Hut 60/90-17
Koil: Suzuki RM125
Karburator : Keihin PE 28)
Sok belakang : KTC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar